Cara Cetak Ulang NPWP Yang Hilang Terbaru

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan identitas penting sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. NPWP adalah sebagai tanda pengenal atau identitas diri dalam melaksanakan Hak dan Kewajiban perpajakan. Jika sudah memiliki NPWP berarti Anda sudah masuk kategori sebagai Wajib Pajak.

NPWP sekarang ini sangat diperlukan, selain sebagai identitas wajib pajak, NPWP berfungsi sebagai alat dalam pemenuhan administrasi perbankan ataupun administrasi pemerintahan lainnya. Oleh karena itu untuk memudahkan pemantauan kewajiban perpajakan (dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak) maka ada yang diwajibkan untuk melampirkan NPWP.

Karena NPWP berbentuk kartu, sering kali Wajib pajak ketika memperolehnya lalu diabaikan. Diabaikan dalam hal ini tidak tersimpan. Ada yang memang sudah tersimpan dalam dompet akhirnya hilang tidak diketahui. Ketika membutuhkan NPWP untuk memenuhi administrasi perpajakan bingung tidak ada kartu NPWP. Pertanyaannya, bagaimana jika kartu NPWP hilang?

Cara Cetak Ulang NPWP Yang Hilang Terbaru
Sumber : Instagram @ditjenpajakri

Cetak Ulang NPWP


Jika kartu NPWP anda hilang ataupun rusak (identitas tidak terbaca), anda bisa mengajukan cetak ulang kartu NPWP ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Tidak harus di KPP terdaftar. Bagaimana cara cetak ulang NPWP yang hilang?

Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi

  • Siapkan identitas/data diri Anda, bisa KTP, Keterangan Domisili atau KK. Bawa asli dan Fotocopynya sekaligus.
  • Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian (NPWP hilang). Surat tersebut terdapat identitas kepolisian baik stempel atau pejabat yang menyatakan.
  • Membawa dan mengisi Formulir permohonan cetak ulang NPWP. Download formulir permohonan cetak ulang NPWP DI SINI.
  • Materai 6.000
  • Apabila yang mengajukan permohonan cetak ulang NPWP bukan anda sendiri (bukan yang bersangkutan), maka Anda harus melampirkan surat kuasa bermaterai 6.000.
Apabila kartu NPWP anda hanya mengalami kerusakan, identitas anda tidak terbaca. Maka anda tidak perlu membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian tetapi membawa kartu NPWP yang rusak. Syarat lainnya seperti di atas.


Untuk Wajib Pajak Badan

  • Siapkan identitas/data diri Anda (Direktur), bisa KTP, Keterangan Domisili atau KK. Bawa asli dan Fotocopynya sekaligus.
  • Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian (NPWP hilang). Surat tersebut terdapat identitas kepolisian baik stempel atau pejabat yang menyatakan.
  • Membawa dan mengisi Formulir permohonan cetak ulang NPWP. Download formulir permohonan cetak ulang NPWP DI SINI
  • Materai 6.000
  • Apabila yang mengajukan permohonan cetak ulang NPWP bukan anda sendiri (bukan Direktur Perusahaan), maka Anda harus melampirkan surat kuasa bermaterai 6.000.
  • Bawa Akta Pendirian Perusahaan beserta Fotocopynya.
Jangka waktu penyelesaian pelayanan Cetak Ulang Kartu NPWP adalah paling lambat 1 (satu) hari kerja setelah penerbitan BPS. Biasanya langsung diproses oleh petugas pajak, tinggal menunggu sebentar saja.

Data Wajib Pajak yang tertera dalam Kartu NPWP hasil cetak ulang adalah sesuai dengan data di administrasi perpajakan KPP pada saat tanggal pencetakan ulang. Pelayanan cetak ulang NPWP tidak dipungut biaya atau gratis.

Informasi tambahan kepada Anda yang mungkin saja sibuk dengan pekerjaan dan menginginkan pelayanan pajak online. Untuk permohonan cetak ulang NPWP Online sampai saat ini tidak ada. Anda harus datang langsung ke KPP terdekat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cetak Ulang NPWP Yang Hilang Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel