6 Oleh-Oleh Khas Solo paling Terkenal dan Enak

Liburan di Solo, oleh-oleh apa yang kira-kira paling pas untuk dibawa pulang? Pastinya oleh-oleh yang menarik, bernuansa kental khas Solo, dan enak bukan? Jika pertanyaannya begitu, mungkin 6 oleh-oleh khas Solo berikut ini bisa menjadi pilihan Anda untuk keluarga tercinta di rumah.

Intip
Intip adalah kerak yang terbentuk saat menanak nasi. Intip ini biasanya dikeringkan, lalu digoreng. Rasanya gurih. Tapi setelah intip banyak divariasi dan ditambahkan karamel Gula Jawa, rasanya menjadi gurih manis. Rata-rata satu intip dengan ukuran sedang dibanderol dengan harga 7 ribu hingga 10 ribu. Tiap sentra penjualan oleh-oleh khas solo biasanya selalu menyediakan oleh-oleh ini sebagai pilihan.

Ampyang

Oleh-Oleh Khas Solo paling Terkenal dan Enak

Ampyang merupakan oleh-oleh khas Solo yang berbau-bau tradisional. Bahan pembuatannya adalah kacang, gula merah, dan jahe. Rasanya manis legit. Bagi Anda yang tidak suka manis, mungkin rasa Ampyang akan membuat Anda eneg. Harganya sekitar 18 ribu per 250 gram.

Ampyang cukup mudah dijumpai. Sebab, hampir semua pusat oleh-oleh Solo selalu menyediakan oleh-oleh khas ini, termasuk yang ada di Pasar Gedhe, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Kepatihan Wetan, Jebres, Kota Surakarta.

Serabi
Kue Serabi dibuat dari tepung beras yang dicampur santan, lalu dipanggang pada satu cetakan tertentu. Biasanya ada topping tertentu di atas Kue Serabi. Ada yang toppingnya irisan nangka, pisang, meises, atau keju. Tergantung variasi yang diberikan oleh penjual Kue Serabi.

Bentuk Serabi persis seperti mangkuk, cekung dan bulat, sesuai dengan bentuk cetakannya. Bagian tepinya berwarna sedikit gelap dan tipis. Tekstur Serabi bagian tepi ini kering, tetapi di bagian tengah, teksturnya basah. Rasanya cenderung gurih dan sedikit manis.

Penjual Serabi banyak Anda temukan di sekitar Jalan Mohammad Yamin No 28, Solo. Harga yang dipatok sekitar 1500 hingga 2000 perbiji. Harga Serabi biasanya dibedakan dari topping apa yang digunakan. Semakin toppingnya mahal, semakin pula harga Serabi mengikuti.

Roti Kecik


Oleh-Oleh Khas Solo paling Terkenal dan Enak

Roti Kecik adalah roti produk andalan toko oleh-oleh khas Solo bernama Ganep. Roti Kecik ini merupakan roti kering tahan lama yang sudah diproduksi sejak tahun 1881. Anda bisa mendapatkan Roti Kecik ini di Toko Oleh-Oleh Ganep, Jalan Sutan Syahrir nomer 176 Tambaksegaran, Solo.

Roti Kecik dijual dengan harga 5 ribu untuk ukuran paling kecil, 45 gram. Sedang ukuran terbesar dengan berat 600 gram, diberi harga 57 ribu.

Abon Mesran Solo
Abon Mesran Solo adalah abon dari bahan daging ayam atau sapi. Rasanya tidak pedas. Tetapi lebih cenderung manis, enak, dan gurih. Biasanya, Abon Mesran memang dimakan sebagai lauk. Bisa dengan nasi putih biasa atau nasi goreng. Harga perbungkus Abon Mesran sekitar 35 ribuan.

Toko oleh-oleh yang menjual Abon Mesran ini ada di Daerah Kalilarangan. Alamatnya di Jalan Kalilarangan nomor 71 Solo. Mesran itu adalah nama pendek pemilik toko sekaligus yang memproduksi Abon Mesran.

Rambak Petis



Rambak Petis banyak diburu sebagai oleh-oleh khas Solo karena rasanya yang gurih. Rambak ini dimakan bersama petis yang pedas. Anda bisa membayangkan bagaimana rasa gurih yang bercampur dengan pedas dari petis. Atau Anda ingin merasakannya, Anda bisa datang ke Kampung Jagalan RT 1 RW 11, Jebres, Solo. Di kampung itu, kulit sapi banyak diolah menjadi Rambak Petis.

Rambak biasa dijual dengan kemasan 50 gram. Harganya 6-7 ribu. Jika Anda ingin membeli banyak, Anda bisa langsung membeli dalam jumlah kilo. Harga satu kilo rambak sekitar sekitar 130 ribuan. Bisa menggunakan petis, bisa tidak. Tetapi, jika Anda menggunakan petis, Anda cukup menambah uang 5 ribuan sebagai ganti petis.

Penasaran dengan deretan oleh-oleh khas Solo? Datang dan jangan lewatkan untuk menelusuri lokasi penyedia oleh-oleh di atas. Pokoknya enak-enak semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Oleh-Oleh Khas Solo paling Terkenal dan Enak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel