Cara Cek Mobil Bekas Secara Lengkap Sebelum Membeli

Memiliki mobil merupakan salah impian dari beberapa orang. Bagaimana tidak, mobil adalah salah satu alat transportasi yang nyaman melindungi dari hujan serta terik panasnya matahari. Ketika ingin liburan bersama keluarga, dengan mobil sendiri bisa langsung tancap gas. Tidak bingung lagi mencari kendaraan untuk sampai tujuan.

Membeli mobil memang memperhatikan kenyamanan, apalagi dengan jumlah keluarga lebih dari 4 orang. Pasti membutuhkan mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicles) yang mumpuni di segala medan. Tidaklah penting memikirkan gengsi semata ketika ingin memiliki mobil sendiri. Sesuaikan dengan uang yang tersedia, karena mobil memiliki nilai penyusutan.

Pastikan mobil yang akan anda beli telah sesuai dengan kebutuhan ataupun uang anda. Selain itu, membeli mobil juga melihat sisi kendaraan yang akan dibeli "baru atau bekas". Masing-masing pembelian baik baru ataupun bekas terdapat plus dan minusnya.

Membeli mobil baru, anda akan tahu sejarah mobil tersebut yang memang benar-benar dari showroom resmi. Perawatan mobil dari awal, surat-surat aman. Tetapi anda harus menyesuaikan harga mobil baru tersebut. Semakin anda menginginkan merk, jenis, dan type kendaraan yang sudah tidak diragukan keberadaannya maka harganyapun semakin mahal.

Membeli mobil bekas, anda tidak akan mengetahui sejarah mobil tersebut. Apakah pemiliknya selalu merawatnya, pernah terjadi kecelakaan ataupun ada part mobil yang telah diganti (tidak original). Dikemudian hari anda juga harus balik nama kendaraan, yang tentu saja membutuhkan waktu serta biaya yang tidak sedikit.

Itulah pilihan anda, sesuai keinginan dan kemampuan beli mobil baru atau bekas. Apabila anda ingin membeli mobil bekas, berikut ini cara cek mobil bekas secara lengkap



Cara Cek Mobil Bekas Secara Lengkap


1. Cek karet pintu

Dari pengecekan karet pintu mobil, anda bisa mengetahui bahwa bodi mobil tersebut pernah diperbaiki. Lihat dan tarik karet pintu, ketika anda tarik sangat keras berarti kondisi mobil aman. Jika sangat mudah patutlah anda untuk mencurigai bahwa bodi mobil pernah diperbaiki. Cek setiap kelingannya.

2. Bodi Mobil

Cek setiap bodi mobil, apakah terdapat bekas tabrakan. Warna-pun juga harus menjadi perhatian, apakah ada perbedaan warna pada titik tertentu. Bisa jadi perbedaan warna bekas dempulan. Apabila anda ingin kepastian terhadap warna mobil tersebut memang benar-benar asli (tidak ada dempulan) silahkan menggunakan "colour test".

3. Panel-panel Otomatis dan kelistrikan

Panel-panel kelistrikan pada mobil ini juga hal yang terpenting, jika terdapat salah satu masalah dipanel kelistrikan bisa jadi indikasi mobil tidak dalam performa yang bagus. Cek satu per satu mulai dari lampu utama, lampu rem, fog lamp, lampu jarak dekat/kota, lampu sein, lampu hazard, lampu mundur, lampu belakang, lampu interior/ruangan mobil, dan kelakson.

Apabila mobil yang akan beli penuh dengan fasilitas panel otomatis, silahkan cek satu per satu fungsinya. Pastikan masih berfungsi dengan normal. Misalnya saja sunroof, sensor alarm, spion, dan lainnya.

4. Interior Mobil

Interior mobil merupakan salah satu penunjang kenyamanan dalam berkendara. Cek interior mulai dari kemudi hingga seat penumpang/bagasi belakang.

5. Mesin



Cek mesin secara detail, karena mesin merupakan komponen terpenting dari mobil. Meskipun ekterior dan interior mobil yang akan anda beli sangat memuaskan, tetapi mesinnya ada masalah lebih baik ganti cari mobil lain. Terkadang mesin yang sudah bermasalah akan berkelanjutan dikemudian hari meski sudah diperbaiki.

Cek sasis-sasis mesin serta tulangan mobil, apakah ada bengkokak atau bekas perbaikan. Hal ini untuk mengetahui mobil bekas nabrak atau tidak.
Jangan lupa cek volume oli
Dengarkan suara mesin mobil, apakah terdapat suara-suara kasar atau yang mengganggu telinga. Jika ada suara-suara aneh perlu anda curigai. Setelah itu lihat seluruh bagian dalam mesin (fisik) untuk mengecek terdapat rembesan atau tidak. Apabila terdapat rembesan maka akan kelihatan ketika mobil dinyalakan (meskipun sebelumnya telah dibersihkan).

6. Kaki- Kali Mobil

Kaki-kaki mobil memang bagian yang rentan terjadi kerusakan karena fungsinya itu sendiri. Selain itu kaki-kaki selalu bergerak ketika mobil digunakan. Apabila sering rusak, wajar karena pemakaian. Namun, saat anda membeli mobil bekas cek dahulu kaki-kaki mobil tersebut.

Cek kaki kaki mulai dari Shockbreaker, Bearing, Tie Rod dan Long Tie Rod (Rack End), Karet Bushing Arm. Untuk mengetahui kondisi komponen tersebut, silahkan lakukan test drive. Coba jalankan mobil pada jalan bergelombang dengan kecepatan 40-60 km/jam. Apakah terasa keras dan terdapat bunyi tidak wajar?


Dengan test drive anda juga dapat mengecek komponen lainnya seperti setir, rem, transmisi, dan bunyi di interiornya.

Itulah beberapa cara cek mobil bekas secara lengkap sebelum anda membelinya. Perhatikan secara detail komponen-komponen mobil, rasakan ketika anda test drive. Jangan lupa tanykan juga record service mobil yang akan anda beli.

Jika anda bingung cara cek mobil dan belum mengerti secara detail, ajaklah rekan anda yang mengerti mesin mobil atau menggunakan jasa periksa mobil. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Mobil Bekas Secara Lengkap Sebelum Membeli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel