Cara Mengganti Alamat IP dan DNS Windows

Jika anda menggunakan jaringan internet WIFI, yang diperlukan jaringan adalah alamat IP atau IP address. Alamat IP adalah alamat (identitas pengenal) yang dibutuhkan komputer agar dapat berkomunikasi atau bertukar data. Alamat IP terdiri dari deretan angka biner yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.

Dalam penggunaan WIFI, terkadang jaringan WIFI tidak menyediakan alamat IP secara otomatis sehingga harus disetting secara manual. Tidak hanya itu, banyaknya pengguna jaringan juga dapat menyebabkan IP Conflict, yaitu ditemukan 2 alamat IP yang sama dalam satu jaringan. Keduanya meruapakan penyebab Anda harus setting alamat IP secara manual.

Untuk tutorial cara mengganti IP dan DNS yang saya gunakan adalah Windows 7, 32 Bit dan pada umumnya pengaturan baik di windows 8 maupun windows 10 sama.

Cara Cek Alamat IP dan Gateway Jaringan

Sebelum Anda mengganti alamat IP, alangkah baiknya Anda mengetahui berapa alamat IP yang diberikan saat ini. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan-pengaturan standar jaringan WIFI yang tersedia dan tentu saja mengetahu penyebab jaringan tidak terkoneksi.

Untuk mengetahui alamat IP dan Gateway tekan tombol Windows pada keyboard lalu ketikkan CMD dan Run as Administrator. Setelah itu ketikkan ipconfig. Silahkan Anda lihat Alamat IP, Subnet Mask dan Gatewaynya.

Cara Mengganti Alamat IP dan DNS Windows
 

Cara Mengganti Alamat IP dan DNS

Setelah mengetahui alamat IP dan gateway pada komputer anda, langsung saja menuju setting/mengganti alamat IP. Berikut caranya menggati alamat IP

1. Pada pojok bawah (samping date and time) terdapat icon jaringan WIFI, silahkan anda klik kanan Open Network and Sharing Center. Atau tekan tombol Windows + R, ketikkan control.exe /name Microsoft.NetworkAndSharingCenter lalu Enter.

2. Klik Wireless Network Connection (Nama Wifi). Akan muncul dialog Wireless Network Connection Status, klik Properties. 

Cara Mengganti Alamat IP dan DNS Windows


3. Setelah itu klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv 4) lalu Properties. Akan tampil pengaturan alamat IP, Subnet mask, Gateway, dan DNS. Isikan alamat IP dan identitas lainnya sesuai dengan jaringan internet WIFI anda. Jangan sampai salah pilih alamat ya, bisa jadi nanti conflict dengan perangkat lain. Atau bisa jadi tidak berhasil terkoneksi.

4. Pada dialog TCP/IPv4, karena akan setting manual alamat IP silahkan anda pilih Use The Following IP Address. Isi lengkap sesui ketentuan jaringan Anda. Apabila anda ingin IP dinamis (otomatis), pilih Obtain an IP address automatically.

Cara Mengganti Alamat IP dan DNS Windows


5. Untuk DNS, pilih Use the following DNS Server Address. Pada umumnya DNS agar terhubung dengan lancar menggunakan google DNS. Google DNS dengan alamat DNS server yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Jika anda ingin alamat DNS otomatis silahkan pilih Obtain DNS Server address automatically (tidak perlu isi pengaturan).

6. Setting sudah selesai, klik OK

Demikian tutorial cara mengganti alamat IP dan DNS Google. Mari gunakan intenet secara bijak, semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengganti Alamat IP dan DNS Windows"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel