Ganti Shockbreaker Honda Jazz IDSI GD3 Jadi Nyaman

Salah satu bagian vital dalam kendaraan khususnya mobil adalah shockbreaker. Kondisi atau kinerja shockbreaker pada mobil anda berpengaruh besar pada kenyamanan saat berkendara.

Shockbreaker merupakan peredam kejut pada mobil yang terbuat dari logam baja. Logam baja bertujuan agar shockbreaker memiliki daya tahan yang cukup lama. Tentu saja anda tidak ingin mengganti shockbreaker setiap tahun dan shockbreaker yang terpasang tahan terhadap beban mobil. 

Fungsi utama dari shockbreaker adalah peredam goncangan saat anda melewati jalan bergelombang. Menjadikan bodi mobil tidak bergoyang berlebihan sehingga membuat anda nyaman saat berkendara.

Apabila mobil anda sering melewati jalan bergelombang dan dengan beban yang belebihan, daya tahan shockbreaker akan semakin berkurang. Karena seringnya mobil melalui medan bergelombang menyebabkan shockbreaker lemah.

Seperti mobil saya, Honda Jazz IDSI GD3. Sering melewati jalan bergelombang, Bojonegoro-Surabaya PP dan pastinnya termakan usia juga. Maklum sudah 13 tahun, masih dengan shockbreaker bawaan Honda.

Karena kondisi shockbreaker yang sudah tua dan didukung dengan medan bergelombang, saya merasakan ada hal yang kurang nyaman saat mobil melaju kencang. Saat di jalan tol dengan kecepatan 100-120 km/jam, mobil terasa tidak stabil seakan malayang. Tidak hanya itu juga, saat terkena lubang jalanan suara dari goncangan keras sekali dari kemudi (seakan tidak ada peredam).

Lama kelamaan menjadi kurang nyaman, alhasil saya bawa ke bengkel di wilayah surabaya. Setelah dicek ternyata shockbreaker belakang mengalami masalah. Suspensi tidak bekerja secara normal, hidrolicnya tidak dapat bekerja dengan baik.

Ganti Shockbreaker Honda Jazz IDSI GD3 Jadi Nyaman
Shockbreaker Lama Honda Jazz IDSI GD3

Saran dari montir bengkel memang harus diganti, daripada menimbulkan kerusakan untuk komponen yang lain akibat guncangan yang terlalu sering. Selain itu, saya memikirkan kenyamanan serta keselamatan untuk diri saya sekaligus penumpangnya (keluarga saya).

Meskipun alot soal harga (karena awalnya saya tidak berharap ganti), saya putuskan untuk menggantinya dengan shockbreaker belakang baru bro. Biar si Jazz makin ngacir.

Sebelumnya saya tidak browsing-browsing soal harga shocbreaker khusus Jazz IDSI GD3, yang ada di bengkel kondisi baru saya beli. Asal tidak abal-abal lah karena akan dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Ganti Shockbreaker Honda Jazz IDSI GD3 Jadi Nyaman
Shockbreaker Baru
Saya beli shocbreaker "KYB Gas Shock Absorber, Excel G". Harga shocbreaker tersebut Rp 450.000 per-item. Langsung ganti, eh ternyata dapat diskon 15% (spesial birthday). Biaya pasang Rp 49.500. Total 2 shockbreaker belakang sekaligus pemasangannya beserta diskonnya Rp 807.075 . Harga shockbreaker ini saya beli di Surabaya.
Mungkin kalau anda beli di online shop, bisa jadi harga lebih murah

Setelah ganti Shockbreaker

Kondisi si Jazz setelah ganti shockbreaker, saya kira bodi akan seidikit terangkat (kondisi lebih tinggi dari sebelumnya), maklum karena yang lama sudah tidak bekerja dengan baik. Ternyata sama saja. Bedanya, ketika mobil diajak ke jalan bergelombang, lumayan redaman suaranya. Yang awalnya suara goncangan terdengar sekali, sekarang tidak.

Intinya, setelah Jazz IDSI GD3 saya ganti shocbreaker belakang, semakin menambah kenyamanan saat berkendara. Suara guncangan tidak sekeras sebelum ganti dan terasa empuk.

Apabila mobil anda mengalami masalah seperti mobil saya, sebaiknya langsung periksakan ke bengkel terpercaya. Shockbreaker yang bermasalah dapat membahayakan diri anda dan orang-orang di dalamnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Ganti Shockbreaker Honda Jazz IDSI GD3 Jadi Nyaman"

  1. With this extension, Honda rose as the second biggest Japanese car creator in 2001, outperforming Nissan. In August 2008, Honda had the capacity to outperform Chrysler's deals and generation. used car dealerships

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel