Inilah 6 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Banyak Dicari Selain Lumpia

Oleh-oleh khas Semarang yang sering disebut sebagai ikon Kota Semarang adalah lumpia. Iya, Kota Semarang sering disebut sebagai Kota Lumpia. Karena itulah, banyak orang memburu lumpia begitu sampai di kota Semarang. Padahal, masih banyak juga oleh-oleh khas Semarang selain lumpia. Penasaran apa saja oleh-oleh khas semarang selain lumpia? Berikut ini daftarnya

1. Bandeng Presto


Di jalan Pandanaran, Kota Semarang. Anda bisa menjumpai toko yang menjual Bandeng Presto. Ada toko dengan label Bandeng Juwana. Ada juga toko dengan label Bandeng Presto "Yang Pertama Sejak Tahun 1977". Dua toko ini merupakan toko yang cukup memiliki nama di antara toko lain yang sama-sama menjual Bandeng Presto.

Bandeng Presto adalah Ikan Bandeng yang dimasak dengan uap bersuhu tinggi. Hasilnya, duri ikan yang cukup banyak dan menjadi kekhawatirkan para penikmat Ikan Bandeng akan menjadi lunak. Jadi, bisa langsung dimakan tanpa pilah-pilah duri. Harga satu ekor Bandeng Presto sekitar 30 ribuan. Tetapi, Anda bisa mendapat harga lebih murah jika membeli kemasan dengan isi 3-4 ekor Bandeng Presto.

2. Tahu Bakso Ungaran

Tahu Bakso ini sejenis tahu goreng yang diisi adonan bakso di bagian tengahnya. Selanjutnya dimasak supaya adonan bakso matang. Oleh-oleh khas Semarang ini mulai dikenal luas sekitar tahun 2000an. Sejak itu, secara perlahan mulai banyak penjual Tahu Bakso yang menjajakan sebagai oleh-oleh khas di Kota Semarang.

Penjual Tahu Bakso banyak Anda temukan di sekitar Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Langensari, Kecamatan Ungaran. Tahu Bakso biasa dijual perkotak.

Satu kotak berisi sekitar 10 biji Tahu Bakso. Harga satu kotak Tahu Bakso berada . Tapi, ada juga yang harganya di atas itu. Tergantung dengan ukuran Tahu Bakso yang dibuat masing-masing penjual.

3. Tumpi


Tumpi adalah salah satu oleh-oleh khas Semarang yang cukup awet. Oleh-oleh ini terbuat dari tepung beras yang diberi kacang hijau sejenis rempeyek. Rasa oleh-oleh ini gurih dan renyah. Daerah yang sering memproduksi Tumpi adalah Karangbolo Desa Lerep, Ungaran Barat.

Biasanya Tumpi dijual sudah dalam bentuk kemasan. Patokan harga perkemasan sangat tergantung dengan ukuran kemasan dan berapa beratnya. Tetapi, biasanya satu kemasan ukuran seperempat kilogram berada di kisaran harga 11 ribuan.

4. Moaci Gemini


Moaci Gemini adalah adonan tepung ketan dengan isian kacang cincang bercampur gula. Bentuknya kecil. Satu biji cukup untuk satu suapan besar. Di bagian atas ada taburan wijen sebagai topping.

Anda bisa menemukan oleh-oleh ini di Jalan Kentangan Barat, Semarang. Harga untuk satu box Moaci Gemini adalah 44.500 ribu. Isinya sekitar 25 biji.

5. Roti Ganjel Rel


Roti Ganjel Rel ini bisa Anda beli di Jalan Pandanaran, Kota Semarang. Harga perkotaknya hanya 20 ribuan saja. Selain sebagai oleh-oleh, Roti Ganjel Rel juga merupakan sajian yang selalu ada saat jelang buka puasa. Teksturnya padat dan sedikit alot. Bentuknya mirip dengan bantalan rel kereta api. Dan dari sinilah nama roti ini berasal.

Roti Ganjel Rel ini terbuat dari tepung tapioka yang ditambah santan dan air nira. Kayu manis dan gula ditambahkan pula untuk menambah rasa. Di bagian atas Roti Ganjel Rel, tampilan dipermanis dengan taburan wijen.

6. Lontong Spekkoek Waiki

Oleh-oleh khas Semarang Lontong Spekkoek Waiki memiliki rasa legit dengan tekstur lembut. Rasanya mirip dengan kue lapis, tetapi bentuknya persis lontong pada umumnya. Penjual oleh-oleh ini bisa Anda temukan di Jalan Senjoyo 2, Semarang. Satu biji lontong diberi harga 18 ribu. Beratnya sekitar 80 sampai 100 gram.

Itulah 6 oleh-oleh khas Semarang yang paling banyak dicari dan tentu saja bikin kangen untuk pulang ke kota Semarang. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda ketika berlibur ke semarang. Pilih dan bawa pulang oleh-oleh khas semarang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah 6 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Banyak Dicari Selain Lumpia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel