5 Oleh-Oleh Khas Cirebon di Pasar Pagi

Salah satu destinasi wisata belanja di Kota Cirebon paling recomended adalah Pasar Pagi Cirebon. Di samping harga yang ditawarkan cukup murah, Anda juga punya banyak pilihan tempat untuk mencari oleh-oleh yang Anda inginkan. Berikut ini adalah 5 oleh-oleh khas Cirebon yang bisa Anda dapatkan di Pasar Pagi Cirebon

1. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang asli Cirebon terbuat dari udang, tepung, dan ditambah bumbu khusus untuk memberi cita rasa Kerupuk Udang yang enak. Biasanya Kerupuk Udang dijual dalam bentuk mentah atau siap goreng. Tetapi ada juga yang dijual dalam bentuk siap makan. Anda tinggal memilih, Kerupuk Udang mentah atau matang yang ingin Anda bawa pulang.

Harga yang ditawarkan antara Kerupuk Udang mentah dan siap makan tentu berbeda. Harga kerupuk udang mentah perkg sekitar Rp 25.000. Sedangkan untuk kerupuk udang siap makan, biasanya dijual dengan harga Rp 1000 atau Rp 2.000 dalam bentuk kemasan kecil.

2. Kerupuk Melarat

Oleh-Oleh Khas Cirebon di Pasar Pagi

Oleh-oleh khas Cirebon yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Kerupuk ini tidak digoreng menggunakan minyak, melainkan dengan pasir. Pasir yang digunakan untuk menggoreng Kerupuk Melarat adalah pasir bersih. Pasir bersih dipanaskan hingga berwarna hitam pekat dan mengeluarkan asap, barulah kemudian Kerupuk Melarat digoreng.

Baca juga : Inilah Oleh-Oleh Khas Semarang Favorit Wisatawan

Variasi Kerupuk Melarat terdapat pada tingkat keasinan rasa. Ada yang rasa asinnya sedang, ada yang rasa asinnya lebih. Tentang warna, ada kerupuk yang diberi warna kuning, merah, atau hijau. Ada juga yang memakai warna asli kerupuk, putih. Anda bisa membeli Kerupuk Melarat isi 300 gram dengan harga Rp 15.000

3. Tape Ketan Daun Jambu

Oleh-Oleh Khas Cirebon di Pasar Pagi

Tape Ketan Daun Jambu ini menggunakan ketan putih sebagai bahan dasar. Rasanya manis-asam. Rasa manisnya berasal dari ketan putihnya, sedangkan rasa asamnya berasal dari hasil fermentasi ketan. Oleh-oleh khas Cirebon ini bisa tahan hingga 10 hari lamanya, tetapi harus diletakkan pada suhu ruangan dan tidak boleh terkena terik matahari secara langsung.

Uniknya, Tape Ketan ini dibungkus dengan daun jambu. Daun jambu ini dipercaya bisa menambah cita rasa Tape Ketan. Harga perkotak Tape Ketan hanya Rp 20.000, berisi 16 bungkus.

4. Terasi Udang

Terasi Udang ini dibuat dari udang rebon segar. Udang segar dihaluskan, ditambah bumbu-bumbu tertentu, lalu dikeringkan. Sebelum dipasarkan, Terasi Udang dibungkus plastik dua kali. Plastik pertama untuk menjaga terasi agar tetap kering dan menjaga agar bau terasi tidak keluar. Plastik kedua untuk menyempurnakan kemasan atau memberi label.

Kebanyakan Terasi Udang memang dikemas dengan plastik. Tetapi, ada juga Terasi Udang yang dibungkus dengan daun pisang kering. Daun pisang kering membuat aroma dan rasa Terasi Udang menjadi lebih khas. Itulah sebabnya terasi yang dibungkus dengan daun pisang kering lebih diminati. Harga terasi udang kemasan 3 ons, Rp 15.000.

5. Ikan Teri Asin

Ikan Teri Asin ini memiliki rasa gurih. Pada beberapa label, ada juga Ikan Teri Asin yang memiliki beberapa tingkat keasinan yang dapat dipilih. Ikan Teri Asin Cirebon banyak dicari karena memiliki rasa berbeda dengan Ikan Teri dari daerah lain. Tentu saja yang paling bisa merasakan perbedaannya adalah para pecinta Ikan Asin. Harga Ikan Teri Asin setengah kg, Rp 70.000.

Apabila anda ingin mmebeli beberapa oleh-oleh khas cirebon langsung saja menuju Jalan Siliwangi, Kejaksan, Kota Cirebon. Itulah 5 oleh-oleh khas Cirebon. Jangan lupa untuk membelinya ketika Anda berkunjung ke Cirebon. Dijamin bikin ketagihan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Oleh-Oleh Khas Cirebon di Pasar Pagi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel