Apa itu SWKLJJ? Inilah Manfaat SWKLJJ Pada STNK

Ketika membuka Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) baik motor atau mobil, anda akan mendapatkan informasi seputar tarif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Biaya Balik Nama (BBN), SWKLJJ, Biaya Administrasi dan Sanksi Administrasi apabila anda terlambat membayar pajak. Sebagai pemilik kendaraan, anda harus mengetahui semua biaya tersebut. Tujuannya agar anda dapat memperkirakan biaya setiap tahunnya dan komponen tersebut memiliki manfaat sendiri.

Seperti pembahasan pada artikel ini, yang tertuju pada bagian SWKLJJ pada STNK kendaraan. Apakah anda sudah mengetahui apa itu SWKLJJ? Kenapa setiap memperpanjang STNK selelu membayar SWKLJJ? Apa manfaat SWKLJJ? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang pasti muncul dalam pikiran anda.

SWKLJJ memiliki kepanjangan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Ketika anda membayar SWKLJJ setiap tahunnya berarti secara otomatis anda telah mengalihkan resiko kerugian yang ditumbulkan (misalnya kecelakaan di jalan raya) kepada pihak ketiga yaitu Jasa Raharja.
Tugas dari Jasa Raharja yaitu memberikan santunan kepada orang yang mengalami kecelakaan saat menumpang angkutan umum dan yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas atau di jalan raya
Tarif SWKLJJ pada STNK bergantung pada tipe kendaraan. Semakin tinggi tipe kendaraan anda maka semakin besar tarifnya. Kendaraan jenis motor berkapasitas mesin 50 cc s/d 250 cc dikenakan tarif Rp 35.000 per tahun. Sedangkan Pick up/mobil barang s/d 2.400 cc, sedan, jeep, dan mobil penumpang bukan angkutan umum dikenakan tarif Rp 143.000 per tahun.

Baca juga : Cek Online Pajak Kendaraan

Untuk mengetahui secara lengkap tarif SWKLJJ pertahun silahkan anda lihat Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 36/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008 atau buka https://www.jasaraharja.co.id.

Inilah Manfaat SWKLJJ Pada STNK


Manfaat SWKLJJ

Sudah dijelaskan di atas, bahwa manfaat utama dari pembayaran SWKLJJ adalah anda akan diberikan santunan apabila mengalami kecelakaan di jalan raya. Besaran santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 15/PMK.010/2017 dan 16/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan Dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, tanggal 13 Februari 2017.

  • Meninggal Dunia Rp. 50.000.000
  • Cacat Tetap, paling banyak Rp. 50.000.000
  • Perawatan, paling banyak Rp. 20.000.000
  • Penggantian Biaya Penguburan (Tidak mempunyai ahli waris) Rp. 4.000.000
  • Penggantian Biaya P3K Rp. 1.000.000
  • Penggantian Biaya Ambulans Rp. 500.000


Cara Klaim atas SWKLJJ

Untuk mendapatkan santunan anda tidak langsung mendapatkannya secara otomatis. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk  mendapatkan santunan dari Jasa Raharja, antara lain

1. Menghubungi kantor Jasa Raharja di nomor 150020 atau SMS Jasa Raharja di nomor 081210500500

2. Isi formulir pengajuan/permohonan dengan melampirkan Laporan kecelakaan dari pihak kepolisian atau pihak berwenang, Surat Keterangan Kesehatan Sehat (dari dokter), Kartu Tanda Penduduk (KTP) korban atau ahli warisnya. Apabila terjadi kecelakaan segeralah minta/buat laporan kecelakaan pada kepolisian (karena ini wajib)

3. Apabila korban kecelakaan mengalami luka, harus dilampirkan kwitansi biaya perawatan atau biaya pengobatan asli. Jika korban meninggal dunia wajib dilampirkan surat nikah dan/atau Kartu Keluarga

Hak atas santunan dari Jasa Raharja tersebut harus diajukan sebelum 6 bulan sejak terjadinya musibah kecelakaan.
Akan tidak berlaku jika melebihi 6 bulan sejak terjadinya musibah kecelakaan
Santunan dari Jasa Raharja tersebut dapat diberikan terhadap penumpang yang turut dalam musibah kecelakaan. Artinya, tidak hanya pengemudi saja yang mendapatkannya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu SWKLJJ? Inilah Manfaat SWKLJJ Pada STNK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel