Kompilasi Solusi e-Faktur Error ETAX-40001

Aplikasi e-faktur di era teknologi modern sekarang ini sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis para Pengusaha Kena Pajak (PKP). Penerbitan faktur pajak dan pelaporan SPT Masa PPN 1111 dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, tentu saja aplikasi e-faktur dapat mencegah adanya faktur pajak fiktif.

Dalam penggunaannya, aplikasi e-faktur tidak lepas dari error dan masalah lainnya. Mulai dari saat registrasi e-faktur sampai upload e-faktur terkadang ada saja yang menjadi masalah atau error. Tidak hanya dari aplikasi e-faktur tetapi human error juga masih dijumpai ketika mengoperasikan aplikasi e-faktur.

Salah satu yang banyak dicari dan ditanyakan oleh para pengguna aplikasi e-faktur adalah error "ETAX-40001 : Tidak dapat menghubungi ETaxinvoice Server. Anda Harus terhubung dengan internet untuk menghubungi server". Penyebab dan solusinya sangat beragam. Bisa jadi karena antivirius, firewall, koneksi internet, dan masih banyak lagi.


Solusi e-faktur error ETAX-40001 juga beragam, berikut ini sudah saya rangkumkan beberapa solusi yang bisa anda praktekkan secara langsung.

1. Cek Koneksi Internet Anda

Saat anda mengalami error "ETAX-40001 : Tidak dapat menghubungi ETaxinvoice Server" sehingga tidak bisa upload e-faktur langkah pertama yang harus anda lakukan adalah cek koneksi internet. Pastikan memang internet anda berjalan lancar, bisa buat browsing.

Baca juga : Solusi e-Faktur Reject ETAX-API-10001

Apabila ternyata internet anda aman dan masih tetap tidak bisa upload e-faktur cobalah ganti provider internet. Bisa jadi provider internet yang anda gunakan tidak memberikan fasilitas buat upload e-faktur atau memblokir koneksi e-faktur. Karena pernah saya mengganti provider lain, akhirnya sukses upload e-faktur.

2. Cek Windows Firewall Pada PC/Laptop

Cek pengaturan firewall pada PC/laptop anda. Masuk pada Control Panel > System and Security > Windows Firewall > Turn Windows Firewall on or off. Jika turn on, cobalah ganti turn off Windows Firewall.

Dengan aktifnya firewall pada PC/Laptop anda terkadang menghambat koneksi internet pada aplikasi e-faktur. Sehingga akan muncul error ETAX-40001. Usahakan untuk turn off windows firewall, tidak terjadi selamanya karena dapat membuat celah masuk malware ke PC/laptop anda.

3. Disable Antivirus

Antivirus sama seperti halnya dengan windows firewall, terkadang adanya antivirus pada PC/laptop anda menghambat koneksi internet pada aplikasi e-faktur. Antivirus selama ini yang saya temui dan menyebabkan munculnya error ETAX-40001 adalah avast dan mc afee.

Apabila pada PC/laptop anda terdapat antivirus kedua tersebut atau antivirus lainnya, cobalah untuk disable sementara waktu hingga proses upload e-faktur sukses. Usahakan hanya disable bukan uninstal.

4. Gunakan Adware Cleaner

Nah, untuk solusi ini bisa anda lakukan ketika anda sudah melakukan langkah 1,2, dan 3, ternyata masih saja muncul error "ETAX-40001 : Tidak dapat menghubungi ETaxinvoice Server". Yaitu dengan membersihkan adware (perangkat lunak yang dapat mengganggu kinerja PC/laptop). Adware tidak bisa anda ketahui secara langsung.

Untuk membersihkan adware yang mengganggu, silahkan anda download adware cleaner lalu instal. Ikuti petunjuknya lalu gunkan untuk membersihkan PC/Laptop anda. Untuk mendapatkan adware cleaner silahkan anda mencarinya di google.

Cara tersebut sangat ampuh dan beberapa orang sudah sukses menerapkan cara tersebut. e-Fakturpun berhasil diupload.

5. Sertifikat Elektronik e-Faktur Expired

Untuk mengetahui masa aktif sertifikat elektronik e-faktur, silahkan anda instal sertifikat elektronik pada browser anda. Ketika sukses terinstal, akan muncul informasi perihal masa aktif sertifikat elektronik anda.

Baca juga : Cara Instal Sertifikat Elektronik di Google Chrome

Jika ingin mengetahui bahwa sertifikat elektronik e-faktur sudah expired atau kadaluarsa, silahkan anda cek pada "log" aplikasi e-faktur. Masuk pada folder e-faktur > Folder Log > debug. Lihat keterangannya, apabila anda menemukan kata-kata "Caused by: java.io.EOFException: SSL peer shut down incorrectly" berarti sertifikat sudah kadaluarsa.

Sertifikat kadaluarsa, silahkan anda ajukan permohonan untuk memperbaharui sertifikat elektronik e-faktur agar anda bisa upload e-faktur kembali.

6. Download dan Impor kembali Sertifikat Elektronik di Enofa Online

Apabila sertifikat elektronik e-faktur ternyata masih berlaku atau aktif, silahkan anda impor kembali sertifikat elektronik di aplikasi e-faktur. Impor dengan sertifikat elektronik yang baru, maksdunya baru download dari enofa online atau https://efaktur.pajak.go.id/login. Login > pilih Download Sertifikat Digital.

Setelah terdownload, simpan sertifikat pada folder e-faktur. Lalu login buka aplikasi e-faktur, pilih menu Referensi > Administrasi Sertifikat.


7. Pengaturan Waktu PC/Laptop Tidak Sesuai

Hal ini juga terkadang sepele tetapi bisa menjadi masalah bagi anda ketika akan upload e-faktur. Bisa jadi gagalnya atau tidak bisa upload error ETAX-40001 disebabkan pengaturan waktu (date/time) pada PC/laptop tidak sesuai.

Silahkan cek dan apabila waktu PC/laptop tidak sesuai, langsung ganti sesuai pada waktu ini.

8. Server e-Faktur sedang Offline

Nah, jika sudah menyangkut masalah server anda sudah tidak bisa lagi menggunakan solusi-solusi yang telah saya sebutkan di atas. Untuk mengetahui server e-faktur sedang offline atau tidak, buka saja link di bawah ini


http://svc.efaktur.pajak.go.id/wsdl/MasterFakturService.wsdl
Setelah anda buka link tersebut, dan anda menemukan kode-kode XML seperti gambar di atas, berarti server e-faktur sedang running/online. Oleh karena itu, seharusnya untuk upload faktur pajak akan sukses upload.

Jika tidak tampil seperti kode-kode di atas berarti server e-faktur sedang offline. Yang harus anda lakukan adalah menunggu hingga server online kembali.

Solusi-solusi yang telah saya sebutkan adalah solusi untuk mengatasi erorr "ETAX-40001 : Tidak dapat menghubungi ETaxinvoice Server". Beberapa ada yang sudah berhasil ketika melakukan satu langkah dan ada pula yang beberapa langkah baru berhasil.

Cobalah satu-satu hingga anda berhasil upload. Tidak perlu panik atau kesal, karena suatu sistem pasti memiliki masalah yang InsyaAllah ada solusinya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kompilasi Solusi e-Faktur Error ETAX-40001"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel